Loading...

BANGGA MENJADI GURU



Dunia pendidikan saat ini sudah jauh berbeda dengan zaman dahulu, dahulu menjadi seorang guru merupakan prestige bagi pandangan masyarakat tetapi berbeda dengan hari ini profesi guru bagaikan emas sehingga banyak orang yang berkeinginan untuk menjadi seorang guru. Mengapa demikian ?

Pilihan menjadi seorang guru merupakan suatu pilihan yang tepat, hal ini dilihat dari waktu kerja guru yang lebih pendek dibanding dengan pekerjaan lain. bidang tugasnya bisa dikatakan mudah dan menyenangkan. Selain itu kedudukan guru di masyarakat dipandang terhormat karena ilmu yang diajarkan sangatlah berharga. Dengan fenomena seperti itulah maka profesi guru sekarang menjadi incaran sebagian orang. Dari hal tersebut maka terkadang timbul  suatu pertanyaan masih layakkah ungkapan Guru Adalah Pahlawan Tanpa Tanda Jasa? 

Tetapi jaman telah berubah, guru tampaknya sudah menjadi suatu profesi yang menjanjikan, terutama dilihat dari segi materi. Pemerintah telah mengalokasikan dana sebesar 20% dari APBN, untuk peningkatan kualitas pendidikan termasuk didalamnya kesejahteraan guru.

Namun pengabdian tidak diukur dari besar kecilnya penghasilan, karena gaji besar bukan jaminan meningkatnya kualitas pendidikan. Wallahu alam. Pendidikan di Indonesia belum mengalami pemerataan pendidikan, artinya masih banyak daerah – daerah terpencil di Indonesia yang kekurangan guru. Padahal kita ketahui gurulah yang akan mengubah paradigma siswa yang tidak paham menjadi paham, yang tidak tahu menjadi tahu, yang tidak mengerti menjadi mengerti. Dengan kata lain tanpa kehadiran guru, profesi – profesi lain tidak akan berkembang.

Guru menjadi garda terdepan dari pendidikan suatu bangsa, maka banggalah menjadi guru. Guru sebagai ujung tombak dari pembelajaran di sekolah/madrasah yang telah tersebar di seluruh penjuru negeri ini, maka berbahagialah telah menjadi guru. 

Kata bijak terkenal mengatakan “Pengalaman adalah guru terbaik”, maka hebatlah mereka yang telah menjadi guru yang banyak memberikan pengalaman-pengalaman kepada mereka-mereka yang belum memiliki pengalaman sebagai bekal berharga bagi siswa-siswi kita dalam menyongsong masa depan mereka.

Selamat berjuang Rekan Guru, semoga perubahan ke arah yang lebih baik menyambut bangsa Indonesia tercinta sebagai buah dari tanaman-tanaman pendidikan serta karya-karya kita di masa sekarang. Dan tetaplah bangga menjadi seorang guru, karena guru sebagai salah satu agen utama dari  perubahan dan perbaikan bangsa Indonesia tercinta.


0 Response to "BANGGA MENJADI GURU"

  • Berkomentarlah dengan sopan dan bijak sesuai dengan isi konten.
  • Komentar yang tidak diperlukan oleh pembaca lain [spam] akan segera dihapus.
  • Apabila artikel yang berjudul "BANGGA MENJADI GURU" ini bermanfaat, share ke jejaring sosial.
Konversi Kode

ENTRI POPULER