Loading...

PERADABAN ISLAM MASA BANI UMAYAH DI DAMASKUS


Oleh:
Shofa Ul Lubbi, Miftachul Janah dan Dias Setiana L


Dinasti Bani Umayyah adalah pemerintahan kaum Muslimin yang berkembang setelah masa Khulafa’al-Rasyidin, dimulai pada 661-750 yang berpusat di Damaskus, Syiria. Di beri nama Dinasti Bani Umayyah karena pendirinya adalah Umayyah bin Abd Syam, seorang tokoh Quraisy pada masa Jahiliyah kemudian masuk Islam bersama keluarganya ketika terjadi Fath Makkah. Saat itu umurnya 23 tahun, kemudian diangkat oleh Nabi menjadi sekretaris penulisan wahyu, ia meriwayatkan sebanyak 163 hadis.
Muawiyah adalah orang cerdik, pandai berpolitik, ahli administrasi, wawasannya luas bijaksana dan dermawan. Karir pertama diperoleh ketika keluarganya, Usman bin Affan, diangkat menjadi khalifah. Ia menjadi gubernur di Damaskus. Persaingan antara Bani Umayyah dengan Bani Hasyim telah terjadi sejak masa sebelum Islam, dan puncaknya dengan Ali bin Abi Thalib ketika menjadi khalifah. Perseteruanya dengan Ali disebabkan oleh alasan keinginannya menurut Ali atas kematian Usman dalam pemberontakan. Perseteruan ini menjadikan Ali terjatuh, dan naiklah Muawiyah menjadi khalifah. Hasan, penerus Ali, melakukan perdamaian dengannya pada peristiwa yang disebut ‘Amul Jama’ah pada 41 H/661.
Lebih lengkap silahkan unduh makalah ini disini.

0 Response to "PERADABAN ISLAM MASA BANI UMAYAH DI DAMASKUS"

  • Berkomentarlah dengan sopan dan bijak sesuai dengan isi konten.
  • Komentar yang tidak diperlukan oleh pembaca lain [spam] akan segera dihapus.
  • Apabila artikel yang berjudul "PERADABAN ISLAM MASA BANI UMAYAH DI DAMASKUS" ini bermanfaat, share ke jejaring sosial.
Konversi Kode

ENTRI POPULER